Pages

Tuesday, December 4, 2012

CARA MENGAJAR DI KELAS UNTUK PERTAMA KALI (BAGI PARA CALON GURU)

Tiap tahun banyak lulusan mahasiwa FKIP dari berbagai perguruan tinggi yang harus terjun ke sekolah untuk menjadi guru. Tentunya para cagur ini sudah digembleng oleh berbagai mata kuliah Akta Mengajar, Pedagogi, ataupun pernah melaksanakan PPL. 
Pada kesempatan ini saya mau berbagi dengan teman-teman para Calon Guru (Cagur) dalam menghadapi siswa untuk pertama kali mengajar di kelas. Alasannya berdasarkan pengalaman, mengajar di kelas mempunyai perbedaan yang cukup jauh dengan ketika kita melaksanakan praktek mengajar waktu kuliah (terutama dalam membina emosi/mental). Penyakit "demam panggung" tentunya akan selalu melanda pada pengalaman pertama. Tapi, itu sangat wajar kalau hanya menimpa kita dalam kurun waktu paling lama 5 menit (lebih dari lima menit kurang wajar).
Langsung saja, berikut saya uraikan langkah-langkar mengajar di kelas untuk pertama kali:
1. Kuasai Materi pelajaran yang Anda ampu!
2. Persiapkan penampilan Anda (good looking) ketika mau masuk ke kelas.
3. Tanamkan dalam hati Anda bahwa "saya sudah lebih jauh berpengalaman daripada para murid di kelas". 
4. Membuka pelajaran di kelas seperti biasa (tegur sapa, berdo'a, dan memperkenalkan diri Anda).
5. Rasakan bagaimana aura emosi Anda selama tahap pembukaan (apakah gerogi?) itu sangat wajar tapi rasa grogi Anda jangan terlalu lama.
6. Tebarkan pesona senyuman Anda pada tiap murid, dengan diselingi gurauan pada saat menyampaikan materi (gurauan yang mendidik tentunya).
7. Tanamkan prinsip  "siswa akan suka terhadap mata pelajaran, dengan syarat kalau suka terhadap gurunya". Intinya Anda harus menjadi guru yang disukai.
8. Gunakan metode mengajar yang paling cocok dengan materi, supaya alur mengajar Anda lebih mengalir (tidak kaku)
9. Gunakan manajemen waktu yang tepat pada tiap tahap pembelajaran (pembukaan, kegiatan inti, penutup).
Itulah langkah-langkah mengajar di kelas bagi para cagur yang pertama kali terjun ke lapangan (sekolah). Mudah-mudahan bermanfaat! Amin
 

2 comments: